NRCA, Saham Perdana yang Dibeli dengan KOINS Mobile

Sebenarnya termasuk nekat memilih instrumen saham sebagai investasi di masa pandemi seperti ini, apalagi memilih masuk ke sektor ritel dan konstruksi yang jelas sangat nyata ‘dirugikan’ saat ini.

Ta’aruf-an dengan NRCA

Qadarullah, riset kilat bermodal aplikasi RTI Bussines dan sedikit postingan di Stockbit sudah membuat saya bulat untuk memasang bid di emiten berkode NRCA sebanyak dua lot: Pertama di 270, kedua di 268.

Kenapa milih NRCA ? Tentu nggak ngasal 100%. NRCA atau PT Nusa Raya Cipta Tbk. Saya kenal sebagai saham dividen, yang ngasih dividen jauh lebih besar daripada kebanyakan emiten lainnya. Misal kita beli NRCA dengan modal Rp 500.000,00 – dividen yang kita peroleh akan lebih besar daripada kita membeli saham MYOR, BTPS, atau SIDO dengan budget yang sama. Kalau tujuannya banyak-banyakan dividen yang masuk rekening, alias kita adalah tipe investor yang masuk saham karena kepincut passive income tahunan (dengan catatan anda megang saham banyak) cocok deh ambil NRCA sebagai bagian portofolio.

NRCA ini bisnisnya konstruksi, bikin gedung-gedung, jalan, dan jembatan infrastruktur pokoknya. Tahu tol Cipali ? Nah itu hasil garapan NRCA.

Sepak terjang NRCA di BEI sejauh yang saya pantau, nggak cair. Jadi termasuk agak sukar dijualnya kalo sudah dibeli.

Cuma aspek PER, PBV, dan DER ( cuma paham itu doang) bagus yang membuat saya wani masuk ke saham ini, tujuannya ? Tentu capital gain dengan artian pegang sebentar naik jual adapun dividen adalah bonus.

KOINS, ‘Mobil’ Baru untuk Berdagang

Pertamakali jual-beli saham menggunakan aplikasi IPOTGO keluaran broker PD, setelah gabung di forum Stockbit (dan tahu rasanya lebih nyaman) saya bertanya ke grup WA tentang aplikasi trading yang lebih bagus, saya tidak mengunggulkan IPOT dan menyebut aplikasi trading lain, tapi dibalas oleh salah satu master yang esensinya begini :

” Percuma mobil bagus kalo drivernya nggak handal. Pilih mana, jadi penumpang angkot butut tapi supirnya sudah ahli-berpengalaman, atau BMW keluaran terbaru yang dikemudikan anak-anak? “

Jadi selengkap-canggih apapun platform trading akan percuma kalau si Trader nggak becus menggunakannya. Banyakin belajar, berilmu sebelum berinvestasi adalah harus, pasti.

Beberapa waktu, akhirnya saya tahu platform/aplikasi yang difavoritkan oleh para investor bursa efek, HOTS dari Mirae Asset Sekuritas alias broker YP. Sayangnya, untuk bisa jual-beli saham dengan HOTS harus merogoh setoran awal Rp 10.000.000,00 – (ya sepuluh juta !) Kecuali ada promo/event khusus semisal Sekolah Pasar Modal.

Aje gile, Aset saya gak cukup!

Info ‘Mobil’ Bagus Harga Lebih Murah

Buka akun Mirae YP jelas nggak kuat, saya memilih untuk lirik-lirik Sinarmas Sekuritas bundling Stockbit, mau dapet benefit berupa layanan StockbitPRO harus setoran awal lima juta, kalo biasa cukup Rp 500k.

Kendalanya, waktu itu nggak bisa full online. Berkas harus dipaketkan ke kantor Stockbit, Ujungnya formulir yang sudah di isi mangkrak hampir setahun. Tapi, semenjak COVID-19 merebak dan buka rekening saham online mulai dikembangkan oleh banyak sekuritas, akhirnya saya tidak harus cetak+kirim dokumen untuk buka rekening di Sinarmas.

Prosesnya cukup bikin kesal, lama verifikasinya. Momen IHSG ambruk pertengahan Maret 2020 nggak ketangkep, sekitar April akhir di grup WA ada yang bertanya rekomendasi sekuritas mana buat pemula yang pas, dari sini kenal KISI, open account IDR 100k only.

Ikut Sekolah Pasar Modal Online

Penasaran, akhirnya saya buka web Korea Investment and Sekuritas Indonesia (KISI) dan kaget kok ini syarat dana RDN di angka tiga juta. Tapi ada penawaran yang mantap, fee di KISI alias broker BQ ini cuma 0.13% untuk buy, sementara sell 0.23% malah lebih murah dari Mirae (Buy 0.15% Sell 0.25%) apalagi Indopremier (Buy 0.19% Sell 0.29%) pemilik platform IPOT.

Singkatnya, saya nemu postingan jadwal Sekolah Pasar Modal yang kerjasama dengan KISI via Microsoft Team di April cukup top up IDR 100k ke RDN, wow! Sudah terjangkau online pula.

BQ punya platform jual-beli emiten yang mirip-mirip dengan HOTS nya YP, bisa diunduh lewat Playstore: KOINS. Lebih nyaman buat analisa teknikal kata orang-orang di grup WA saham.

Akhirnya, punya rekening saham baru tercapai juga di Mei, top up cepek dan mulai deh ambil NRCA.

Tapi apes, bursa ditutup dan NRCA malah nukik ke harga 266, boncos dah boncos gue.

Semoga bisa lebih baik, salam cuan.

Kategori Fragmen
%d blogger menyukai ini: